Untuk Semua Kelas XI AK
Perhatikan dengan cermat setiap langkah-langkah yang tertulis dan ikuti secara sistematis. Untuk bisa menguasai secara holistic diperlukan keseriusan dalam memperhatikan setiap petunjuk yang diberikan guru mata bidang yang bersangkutan dan latihan secara berkisanambungan. Penilaian untuk setiap kali Ujian adalah A atau B..
I. Current financial Year: 2009
Last month of financial year: Desember
Conversion month: November
Number of accounting periods: twelve
II. Pada item accounts list pilih: I would like to import a list of account……..
Pada item conclusion pilih: Command centre
III. Mengimport data
Pilih file, lalu import data
Pilih accounts, pada bagian duplicate records pilih update existing record, lalu continue. Pilih file materi ujian produktif II, lalu open. Klik match All, lalu klik import.
IV. Buat account links
Pilih setup, lalu klik linked accounts, klik accounts & Banking Accounts.
Pada column yang kedua pilih: cash in bank.
Pada column yang ketiga pilih: petty cash.
* Sales accounts
Pada column yang pertama pilih: accounts receivable
Pada column yang kedua pilih: petty cash
* Purchases accounts
Pada column yang pertama pilih: accounts payable
Pada column yang kedua pilih: cash in bank
Check List pada bagian Expense or cost of sales accounts for freight: freight paid.
V. Membuat kode pajak
Pilih lists, klik tax codes
Tax code: PPN, description; pajak pertambahan nilai, tax type; goods & service tax, rate; 10%, pada bagian linked account for tax collected; PPN outcome, pada bagian yang bawahnya; PPN income.
VI. Memasukan saldo awal periode
Pilih modul accounts, klik journal entry
Isi general journal – isilah daftar account sesuai dengan posisi debet & kreditnya, kemudian klik record. Out balance harus 0.
VII. Membuat daftar customer & supplier
Klik modul customer - supplier, klik new, lalu isi last name, card id, address, city, state, country, phone, klik new.
VIII. Mengisi daftar saldo piutang dagang (customer balances) hutang dagang (supplier balance).
Pilih setup, klik balances, klik customer balances. Pilih customer name, isi invoice, date, memo; saldo awal piutang, isi total including tax, tax code; PPN, klik record.
IX. Daftar persediaan barang dagang
Pilih modul inventory, klik item list, klik new, klik item details. Isi item number, isi name, cek list I sell this item, pilih sales, klik selling details, isi base selling price, tax code, klik new.
X. Mengisi kuantitas persediaan
Pilih inventory, klik count inventory, isi column counted, klik adjust inventory. Pada bagian default adjustment account pilih: merchandise inventory, klik continue, klik opening balances, isi memo; nilai persediaan awal barang, isi unit cost, lalu klik record.
Modal utama untuk menguasai materi ini
adalah “Jangan Pernah Bosen Mengulang.”